Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Marketing Mix dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Bauran Pemasaran atau 4P.
Menurut Kotler (2003) Marketing Mix dapat diartikan sebagai sekumpulan dari
variable-variabel yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh perusahaan
untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam pasar sasaran.
Adapun variabel-variabel tersebut sebagai berikut:
- Product (Produk): adalah kombinasi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dan ditawarkan kepada pasar sasaran. Bauran produk mempunyai sarana-sarana yaitu: mutu, ciri khas, gaya merk dagang, pembungkus, pelayanan dan jaminan.
- Price (Harga): adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh konsumen kepada produsen untuk mendapatkan suatu produk. Varibel ini mempunyai saran-saran yaitu: daftar harga, potongan harga, syarat kredit dan periode pembayaran.
- Distribusi: adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan agar produk dapat diperoleh dan tersedia bagi konsumen. Variable ini mempunyai sarana-sarana seperti lokasi, transportasi,persediaan barang distributor dan pengecer.
- Promosi : merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen sasaran untuk membeli produknya. Adapaun sarana-sarana yang terkandng didalamnya adalah periklanan, personal seling, promosi penjualan publisitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar